Kamis, 30 November 2017

SAP

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Kode/Nama Mata Kuliah :  Telaah Materi PAI
Program Studi :  PAI
Beban Studi :  2 SKS
Semester : 
Dosen Pengampu :  Riswan Rasuludin,S.Ag.,M.PdI
Jumlah Pertemuan : 14
Alokasi Waktu :  100 menit
Standar Kompetensi : Memahami muatan dan urutan materi PAI di SLTP dan SLTA dengan disertai penguasaan terhadap
  sumber dan metode pembelajarannya
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa pada materi pendidikan agama Islam di  SLTP dan SLT, sehingga diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswadapat mempunyai kemampuan menganalisa materi pendidikan Agama Islam di    jenjangSLTP dan SLTAdari berbagai aspeknya serta mampu menentukan.  Scope (seberapa luas dan ruang lingkup materi pembelajaran Agama Islam), Sequence (apa yang di ajarkan lebih dulu),sumber yang di jadikan rujukan dan metode pembelajarannya

Pertemuan ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

I
Mahasiswa Mampu memahami ruang lingkup Mata Kuliah dan urgensinya
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup MK Telaah Materi PAI dan ugensinya
Kontrak Belajar
Pengantar
Active knowledge sharing
100 menit
SAP dan Hand Out

II
Mahasiswa mampu memahami pengertian PAI sebagai sistem dan matapelajaran serta problematikanya
Mahasiswa mampu ;
-Menjelaskan definisi PAI sebagai sistem pendidikan dan mata pelajaran
-Menguraikan problematika yang menimpa PAI
Wawasan PAI
The Power of Two
100 menit
Sama’un Bakry, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Quraiy, 2005)

III

Hakikat PAI
Group to Group Exchange
100 menit
Ahmad Tafsir , Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. 3, 1997)

IV
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
Mahasiswa mampu;
-menguraikan muatan materi PAI di SLTP dan SLTA
-mengidentifikasi SD,KD PAI di SLTP dan SLTA
Ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
Every One is a Teacher Here
100 menit
Sda
UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

V
Mahasiswa mampu memahami problem dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
Mahasiswa mampu:
-menganalisis problematika pembelajaran PAI di sekolah
-menganalisis peluang dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
Problematika, Peluang dan tantangan pembelajaran PAI di Sekolah
sda
100 menit

VI
Mahasiswa mampu mengembangkan model pembelajaran PAI
Mahasiswa mampu;
-Menguraikan model-model pembelajaran PAI dan mengembangkannya
-Mengidentifikasi strategi dan metode yang tepat untuk PAI
Pengembangan Model Pembelajaran PAI
Gallery Seni
100 menit

VII
UTS




VIII
Mahasiswa mampu mengidentifikasi materi PAI dan problematika pembelajarannya
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi PAI di sekolah
-menginventarisir problematika pembelajaran PAI di sekolah
Survey materi PAI dan pembelajarannya di sekolah
G to G
100 menit
Portofolio

IX
Mahasiswa mampu menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi B.Arab dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi B.Arab
-mensimulasikan pembelajaran B.Arab secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran B.Arab (MTs/MA
Every One is a Teacher Here
100 menit
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar kompetensi Lulusan
Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah
UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Muhaimin dkk, Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah
Buku MaPel B.Arab

X
Mahasiswa mampu menelaah materi Aqidah Akhlak dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Aqidah dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Aqidah
-mensimulasikan pembelajaran Aqidah Akhlak secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Aqidah Akhak (MTs/MA)
Active Knowledge Sharing
100 menit
Sda
Buku MaPel Aqidah

XI
Mahasiswa mampu menelaah materi Qur`an Hadits dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Qu`an Hadits dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Qur`an Hadits
-mensimulasikan pembelajaran Qur`an Hadits secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Qur`an Hadits (MTs/MA)
sda
100 menit
Sda
Buku MaPel Qur`an Hadits

XII
Mahasiswa mampu menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Fiqh dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Fiqh
-mensimulasikan pembelajaran Fiqh secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Fiqh (MTs/MA)
Gallery Seni
100 menit
Sda
Buku MaPel Fiqh

XIII
Mahasiswa mampu menelaah materi SKI dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi SKI dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi SKI
-mensimulasikan pembelajaran SKI secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran SKI (MTs/MA)

100 menit
Sda
Buku MaPel SKI

XIV
UAS












Komposisi Penilaian :
Aspek Penilian
Prosentase

Ujian Akhir Semester
20 %

Ujian Tengah Semester
20%

Keaktivan
20%

Tugas Mandiri
20%

Tugas Kelompok
20%

Total
100 %

Daftar referensi
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar kompetensi Lulusan
Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah
UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Muhaimin dkk, Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik
E. Mulyasa, KBK, KTSP
Ahmad Tafsir , Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. 3, 1997)
Buku-buku MataPelajaran PAI SLTP dan SLTA

Di Susun Oleh Di Periksa Oleh: Di Sahkan Oleh:
Dosen Pengampu Ketua Program Studi S1 PGMI         Ketua STIA Alma Ata Yogyakarta

Nur Saidah, M.Ag …………………………………… …………………………..


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PAI III
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

A.   IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah          : Materi Pendidikan Agama Islam MTS dan MA
Jumlah SKS         : 2 (dua)
Jurusan/Prodi       : Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam
Semester             : III (tiga)
Dosen                   : Weli Arjuna Wiwaha, M.Pd.I
Email                    : ibnshoba@yahoo.co.id
Instansi                 : Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim
Alamat                  : Jalan TGH. Abdul Karim Kediri Lombok Barat NTB

B.   DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah materi PAI pada MTs dan MA ini adalah mata kuliah untuk mengkaji materi PAI/PI pada jenjang pendidikan agama tingkat MTs dan MA. Kajian materi yang dilakukan adalah kajian tentang materi-materi PAI/PI tersebut pada setiap jenjang, apakah materi yang ditawarkan selama ini sesuai dengan perkembangan siswa/siswi atau materi yang disajikan melampaui dari usia mereka. Atau materi tersebut sudah layak diajarkan pada jenjang mereka atau tidak. Kajian didekati dengan berbagai macam disiplin ilmu agar lebih konferehensif. Apalagi saat ini kurikulum 2013  secara bertahap mulai akan diberlakukan lagi. Di mana dalam pengambilan pengetahuannya diusahan dengan cara scientific dan muatan dari materinya harus berkarakter.
Dua kajian di atas menjadi perhatian besar dalam kajian materi PAI ini, sehingga akhirnya dapat menjadi sumbangsih dalam pengembangan pengetahuan siswa/siswi ke depan.

C.   KOMPETENSI MATA KULIAH
1.        Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar Kompetensi)
Mahasiswa mampu melakukan analsis materi pada materi pendidikan islam di tingkat MTs/MA dalam bentuk makalah.
2.    Kemampuan akhir tahapan memnuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (Kompetensi Dasar)
a.       Mahasiswa mampu menguraikan konsep kurikulum 2013
b.       Mahasiswa mampu menguraikan konsep pendidikan agama islam dalam undang-undang pendidikan dan kurikulum 2013.
c.       Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah tsanawiyah
d.       Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah tasanawiyah.
e.       Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah tsanawiyah
f.        Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah tsanawiyah
g.       Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah aliyah
h.       Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah aliyah.
i.         Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah aliyah.
j.         Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah aliyah

D.   ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
1.    Pertemuan pertama; Kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013
2.    Pertemuan kedua;Konsep dasar kurikulum 2013
3.    Pertemuan ketiga;Pelajaran Agama dalam kurikulum 2013
4.    Pertemuan keempat;Materi PI MTs/MA (Aqidah Akhlak, al-Qur’an Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fiqih) konsep, karakter yang dapat dimunculkan dalam setiap pelajaran dan materi pelajaran
5.    Pertemuan kelima; analsis materi aqidah Akhlah MTs
6.    Pertemuan keenam; analsis materi  al-Qur’an Hadis MTs.
7.    Pertemuan ketujuh; analsis materi  sejarah kebudayaan islam MTs.
8.    Pertemuan kedelapan; analsis materi  fiqih MTs.
9.    Pertemuan kesembilan; analsis materi  aqidah akhlak MA
10.  Pertemuan kesepuluh; analsis materi  al-Qur’an Hadis MA
11.  Pertemuan kesebelas; analsis materi  sejarah kebudayaan islam MA
12.  Pertemuan keduabelas; analsis materi  fiqih MA

E.    PROSES PEMBELAJARAN
1.    Metode ceramah Aktif
2.    Diskusi
3.    Presentasi
4.    Penugasan

F.    BENTUK PENILAIAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (40%), Ujian Akhir Semester (20%) dan kehadiran di kelas (40%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Penugasan.    

G.   BUKU Pegangan

A.  Kusuma,  Doni.  2007. Pendidikan  Karakter;  Strategi  Mendidik  Anak  di  Zaman Global . Jakarta: Grasindo,

Al-Rasyidin, H. Samsul Nizar,. 2003. FilsafatPendidikan Islam. Ciputat : Ciputat Press.

Direktorat Pendidikan Madrasah KementrianAgama. 2010. Wawasan Pendidikan Karakter  dalam  Islam.  Jakarta:  Direktorat  Pendidikan  Madrasah Kementrian Agama.

Hidayatullah,  Furqon. 2010.  Pendidikan  Karakter;  Membangun  Peradaban  Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Junaedi, Mahfud. 2010.  Ilmu Pendidikan Islam. Semarang : Rasail Media Group.

Kesuma,  Dharma. 2011.  Pendidikan  Karakter:  Kajian  Teori  dan Praktek  di Sekolah.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Langgulung,  Hasan. 1998.  Asas-asas  Pendidikan  Islam.  Jakarta:  Radar  Jaya  Offest.

Majid, Abdul, Dian Andayani.2011. PendidikanKarakter Perspektif Islam. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Muhaimin    Azzet,   Akhmad. 2011.  Urgensi   Pendidikan    Karakter   di   Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma PendidikanIslam.  Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich,    Masnur. 2011. Pendidikan     Karakter;    Menjawab    Tantangan    Krisis Multidimensional.  Jakarta: Bumi Aksara.

A.     SARAN-SARAN

1.       Hal-hal yang kurang jelas, silahkan kontak di dalam kelas atau di kampus (087765866682).
2.       Biasakanlah bekerja dengan rencana/jadwal. Sangat kurang arif menunda-nunda pekerjaan, apalagi ketika pekerjaan yang membutuhkan perenungan dan refleksi.
3.       Jadwallah tugas-tugas kuliah anda khususnya yang menuntut penulisan makalah-makalah.
4.       Nikmatilah kuliah anda, sebagaimana anda menikmati hidup. jangan jadikan beban, agar anda tidak stress di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar